Monday, April 21, 2014

Pro Lestari, Radio Peduli Lingkungan di Karakelang

Sejak berdiri enam tahun silam, Pro Lestari FM tetap eksis menyuarakan kepeduliannya terhadap lingkungan. 
Radio yang dibentuk atas kerja sama Kelompok Pencinta Alam Paradisa Lestari dengan dukungan Burung Indonesia (dahulu Birdlife Indonesia) ini, berkomitmen memberi informasi alam dan lingkungan Bumi Porodisa (julukan Kabupaten Talaud), khususnya Pulau Karakelang. 

Karakelang merupakan pulau terbesar di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara. Julukannya ”Gerbang Pasifik” karena letaknya di perbatasan Indonesia dan Filipina. Luasannya sekitar 975 km2 dengan panjang 65 km dan lebar 20 km. Pulau ini masih memiliki hutan asli (Suaka Margasatwa Karakelang) yang berfungsi vital sebagai penjaga stabilitas air, sumber plasma nutfah dan obat-obatan sekaligus sumber keragaman hayati. 

Program andalan Pro Lestari adalah ”Lestari Porodisaku” yang disiarkan Senin hingga Sabtu pukul 12.05-13.00 WITA. Acara yang dikemas dalam bentuk talkshow ini mengupas tuntas alam Porodisa seperti hutan, burung, dan permasalahan lingkungan lainnya dengan narasumber sesuai bidangnya. 

Tidak hanya himbauan di ”udara”, radio yang beralamat di Jalan Larenggam Kompek Kepolisian Sektor Beo ini juga mengadakan aksi peduli lingkungan bersama anggota klub. Mereka mengajak masyarakat untuk memungut sampah atau menanam mangrove.

Kegiatan ini sangat relevan mengingat ancaman yang sering terjadi di Karakelang justru bersumber dari masyarakat sendiri. Misalnya, tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah membuat mereka merambah hutan, mencuri kayu, meracun ekosistem, hingga memburu dan melakukan perdagangan satwa liar.

Pro Lestari 92,8 FM yang mengudara pukul 06.00-24.00 WITA merupakan satu-satunya stasiun radio di Talaud yang mendapat tempat di hati pendengar. (Denisius Natanel Piara)

Sumber: http://blog.burung.org/

No comments:

Post a Comment