Thursday, July 18, 2013

Jejak Sejarah Bumi Porodisa

Jejak Petualang TRANS7 - d'Traveler - Kamis, 18/07/2013 15:51:12 WIB
octopus, salah satu hewan buruan di laut talaud
Pulau karakelang secara administrasi masuk wilayah kabupaten kepulauan talaud. Kepulauan yang berbatasan langsung dengan negara philipina.
Jenis tanah dan kandungan mineral kepulauan talaud,  sangat cocok bagi pertumbuhan beberapa jenis tanaman rempah.salah satunya syzygium aromaticum atau lebih dikenal dengan sebutan cengkih.
Tapi sayangnya hasil buah  tidak menentu, karena sangat bergantung curah hujan dan cuaca sepanjang tahunnya. Ditambah lagi  minimnya pengetahuan petani dalam teknik pemeliharaan serta perawatan tanaman.


jovita menjoba memanjat pohon setinggi 20 meter
Panen bukan hanya perkara memetik hasil , tapi juga mempersiapkan tenaga ekstra. Letak buah yang berada diujung tangkai makin menambah tantangan bagi si pemetiknya //
Kegiatan panen adalah saat berkumpulnya para sanak keluarga.
Tidak hanya orang tua, anak-anak pun ikut memanen rempah asli hutan tropis asia ini.
Cengkih harus dipanen saat ukuran buahnya sekitar satu setengah hingga dua sentimeter , waktu pemetikannya pun harus tepat , jika tidak cengkih akan mekar menjadi bunga yang akan menurunkan kualitas dan berat saat dijual.
Dengan potensi perkebunan cengkih sebesar ini, bukan tidak mungkin talaud  bisa menjadi penghasil cengkih kering dan minyak atsiri terbesar di indonesia.
Mengunjungi beberapa desa yang diyakini warga sebagai cikal bakal masyarakat pertama di kepulauan talaud  yaitu kampung arangka'a dikecamatan gemeh pesisir utara pulau karakelang.
cengkih yang sudah berbunga seperti ini kualitasnya akan menurun
Dahulu desa ini merupakan pusat kerajaan arangka'a, sebuah kerajaan asli masyarakat talaud. Sejak jaman prasejarah, para ahli arkeolog meyakini gua adalah tempat berlindung utama manusia yang hidup dijaman dulu.
Namun hal mengasikan bisa saya rasakan di keindahan laut nya, Satwa laut bernama keren octopus ini mempunyai delapan  lengan, lincah bergerak meyelipkan tubuh lunaknya di antara celah batuan karang. Dan jovita berkesampatan untuk ikut langsung berburu boboca dilaut talaud.
saksikan selengkapnya dalam program jejak petualang episode "jejak sejarah bumi porodisa" selasa 23 juli 2013 pkl 14.45 WIB hanya di @TRANS7
FOLLOW juga @JejakPetualang7 untuk update info terkini program Jejak Petualang
Sumber : http://travel.detik.com/read/2013/07/18/155112/2307177/1323/2/jejak-sejarah-bumi-porodisa#menu_stop

No comments:

Post a Comment