Wednesday, November 4, 2015

Pelantikan Kades Awal Pengabdian Untuk Kemajuan Desa

Rabu, 04 November 201507:26 pm | Reporter MC Kabupaten Talaud  |Ditayangkan Tobari


Talaud, InfoPublik  - Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip melantik kepala desa (Kades) terpilih, Desa Panulan dan Desa Pantuge Barat, Kecamatan Kabaruan, yaitu Leksi Bonte Mengga dan Pitres Bunaen, di kompleks rumah dinas camat Kabaruan, Selasa (3/11).



"Pelantikan ini merupakan ujung dari proses panjang rangkaian demokrasi di desa. Namun ini bukan akhir. Melainkan awal pengabdian bagi kemajuan desa," Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip, usai melantik dua kepala desa (Kades) terpilih hari itu. 

Pengambilan sumpah dan janji kedua Kepala Desa yang dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 301 Tahun 2015 tanggal 3 November 2015 ini, terbilang cukup istimewa.

Pasalnya pelantikan Kades kali ini, dihadiri langsung tiga pucuk pimpinan Pemkab Talaud, yakni Bupati, Wakil Bupati Petrus Simon Tuange dan Sekretaris Daerah A. Binilang. Anggota DPRD Semuel Bentian, para staf ahli dan sejumlah pejabat eselon dua, tiga dan empat. Selain itu, pelantikan ini pun dirangkaikan dengan kegiatan Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Kabaruan dan Damau serta Pertemuan dengan Kades, Toga dan Toma sehingga turut disaksikan oleh sekitar 300 ASN, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan para kades yang tersebar di dua kecamatan tersebut.

Bupati dalam sambutannya, menilai Kades berperan penting dalam kemajuan desa. Menurutnya, tumbuh kembang dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa sangat tergantung dari Kadesnya. Untuk itu, ia berharap Kades yang baru dilantik sungguh-sungguh mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran untuk menata dan memajukan desa. 

"Tugas dan tanggung jawab yang berat namun mulia telah menanti saudara. Laksanakan tugas itu dengan tanggung jawab sesuai janji yang diucapkan dan gunakan amanah tersebut dengan keikhlasan," ujar Bupati. Bupati mengaku cukup apresiatif karena proses Pilkades hingga pelantikan ini berjalan aman dan lancar. Namun demikian, ia tetap meminta Kades baru untuk merangkul semua anggota masyarakat dan lembaga sosial yang ada di desanya. 

"Saya tidak menginginkan ke depan ada informasi bahwa ada kebutuhan masyarakat di desa yang tidak dilayani secara penuh oleh kepala desa karena masyarakat tersebut bukan pendukung kepala desa. Hari ini anda dilantik secara resmi sebagai kepala desa dan semua masyarakat di desa adalah masyarakat anda," ujarnya. Sementara itu, dalam rangka menyambut Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara 9 Desember mendatang, Bupati mengimbau seluruh Kades berpartisipasi aktif menyukseskan hajatan demokrasi tersebut dengan menjaga ketertiban dan keamanan serta meningkatkan angka partisipasi pemilih. 

Ia pun mengingatkan agar para Kades dan seluruh ASN untuk tidak terjun dalam politik praktis menjadi tim pemenangan dari tiga calon yang akan bertarung dalam Pilgub nanti. Sebaliknya, seluruh ASN diharapkan menjadi dinamisator dan bersikap loyal terhadap pimpinan dalam menyambut pesta demokrasi tersebut.

Usai rangkaian acara pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan Pembinaan ASN yang dipimpin Sekretaris Daerah A. Binilang. Sementara Bupati dan Wakil Bupati melanjutkan rapat terbatas dengan para Kades, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat bertempat di Aula Santa Familia desa setempat. (Rein/toeb) 

Sumber: http://infopublik.id/read/135083/pelantikan-kades-awal-pengabdian-untuk-kemajuan-desa.html

No comments:

Post a Comment